Saturday, August 26, 2017

Produk Indonesia yang mahal diluar negri

Di Indonesia produk dari luar negeri bisa dijual dengan harga mahal dan sebaliknya produk Indonesia juga bisa dijual dengan harga mahal di luar negeri. Beberapa produk Indonesia ini dapat dibeli melalui situs jual beli online. Produk-produk yang di Indonesia murah, harganya bisa meningkat berkali-kali lipat. Ada beberapa produk Indonesia ditemukan diluar negri berharga mahal/tinggi, diantaranya adalah 4 produk khas Indonesia yang ternyata mahal kalau dijual di luar negeri, sebagai beriku :

1. Tempe
Kalau anda membeli tempe di pasar tradisional Indonesia, anda hanya akan membayar 3 sampai dengan10 ribu rupiah, maka di luar negeri, tempe seberat 75 – 100 gram dihargai 5 - 6 dollar AS atau sekitar 67 - 80 ribu rupiah. Belum lagi kalau ditambah biaya pengiriman bisa menjadi 145 ribu rupiah, bagaimana mahal bukan ?



2. Nampan Bambu
Apakah anda sudah tahu apa itu nampan bambu ? Nampan adalah alat dapur berbentuk bulat yang terbuat dari anyaman bambu. Kegunaan utamanya adalah untuk mengayak beras agar bersih dari kotoran. Nampan ini juga bisa digunakan untuk menjemur kerupuk dan sejenisnya sebelum digoreng.
Harga nampan bambu ini di Indonesia adalah sekitar 20 - 30 ribu rupiah. Nah, kalau di luar negeri harga tampah mencapai 38 – 45 dollar AS atau sekitar 506 - 650 ribu rupiah, harga ini belum termasuk biaya pengirimannya.


3. Mie Instan
Siapa sih yang tidak tahu makanan yang satu ini? Mie instan sangat populer di Indonesia. Mie instan dijual di supermarket bahkan di warung kecil. Harganya juga hanya sekitar 2 – 8 ribu rupiah. Di luar negeri, mie instan khas Indonesia dijual dengan harga 16 sampai 50 dollar AS, ini berarti harganya sekitar 213 sampai 651 ribu rupiah, sama harga ini adalah harga yang belum ditambahkan ongkos kirimnya, jadi bila ditambahkan dengan biaya pengirimnya, maka harganya bisa mencapai 3 x lipatnya.


4. Kecap manis
Kecap manis hampir setiap hari pasti dipakai. Baik untuk memasak atau sekadar menjadi tambahan rasa pada makanan. Banyak merk dari produk kecap manis di Indonesia yang kwalitasnya sudah baik dan banyak dikenal dimanca negara. Kecap manis ini kalau di Indonesia sudah dapat dinikmati dengan membelanjakan uang sebesar 7 – 10 ribu rupiah sebotol  kecap manis ukuran 100 – 120ml, maka diluar negeri harganya bisa mencapai 6.5 sampai dengan 9 dollar AS. ini berarti itu harganya dikisaran  81 ribu rupiah sapai dengan 110 ribu rupiah dan bila ditambahkan dengan biaya pengirimannya, harganya bisa mencapai sekitar 140 ribu rupiah.


Itulah tadi empat produk khas Indonesia yang harganya mahal di luar negeri. Kami akan terus menjajaki dan mensurvey produk-produk Indonesia lain yang dijual mahal diluar negeri, semoga artikel kami ini bermanfaat bagi rekan-rekan yang berniat berbisnis diluar negri.

No comments:

Post a Comment